Goverment Model Canvas Sebagai Solusi Pemerintahan Yang Tangkas.

Kita berada di era vuca dimana kondisi cepat berubah, tidak pasti, saling mempengaruhi dibelahan dunia dan dihadapkan pada kebingungan dalam mengambil keputusan karena adanya distrupsi di berbagai bidang, baik teknologi, ekonomi dan politik. Maka Biizaa telah mengembangkan apa yang disebut dengan Goverment Model Canvas agar mampu menyesuaikan dengan cepat dan tangkas dalam pembangunan.

Apakah Goverment Model Canvas?




Goverment Model Canvas adalah alat bantu untuk merencanakan, mengusulkan dan mengevaluasi sebuah program pemerintah, mulai dari pemerintah desa hingga pusat dengan metode dan langkah langkah yang lebih sederhana tetap powerfull, sehingga program bisa divisualisasikan atau dikomunikasika lebih komprehensif ( menyeluruh ) dari berbagai aspek yang mempengaruhinya.

Bagaimana bentuk Goverment model Canvas?

Goverment model canvas adalah sebuah alat ( tools ) yang terdiri dari blok blok dalam canvas yang memiliki langkah langkah sistematis untuk merencanakan sebuah program pemerintah. Dalam Goverment Model Canvas terdiri dari 2 blok utama dan 11 blok langkah perencanaan program pemerintah. Blok tersebut terdiri dari:




  1. Analisa Isu dan Problem dalam masyarakat yang berupa kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat untuk dipenuhi. Ini merupakan langkah awal atau dasar untuk merencanakan sebuah program pemerintah.
  2. Manfaat / Program Pemerintah, merupaka langkah kedua untuk menjawab langkah yang pertama, dari adanya isu dan problem dalam bentuk kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat maka program apa yang perlu ditawarkan atau direncanakan.
  3. Channel / Distribusi, setelah program pemerintah dibuat, maka bagaimana program tersebut manfaatnya sampai pada masyarakat atau dapat dinikmati oleh masyarakat, bagaimana membangun chanel atau distribusinya agar masyarakat mendapatkan manfaatnya secara adil dan merata.
  4. Hubungan Masyarakat, adalah langkah ke empat, dimana dalam program pemerintah tentu ada feed back atau umpan balik, ada komplain, ada penolakan dan lain lain dapat dikelola dengan baik sehingga memahami masyarakat beserta dinamika perubahannya dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.
  5. Akitivitas Utama, merupakan penjabaran apa saja aktivitas atau langkah langkah yang perlu direncanakan dan dilaksanakan dalam menyelesaikan isu dan problem dalam masyarakat dengan program pemerintah tersebut. Peta jalan atau langkah langkah tersebut digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan pembangunan atau pelaksanaan program pemerintah tersebut.
  6. Sumberdaya Utama, merupakan penjabaran dari sumberdaya apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan tersebut, baik sumberdaya manusia, sumberdaya alat atau bahan, dan sumberdaya keuangan yang dibutuhkan.
  7. Mitra Utama, dalam menjalankan program pemerintah tentu dibutuhkan mitra utama untuk menuju kesuksesannya, maka langkah dalam blok ke tujuh adalah mengindetifikasi siapa saja yang menjadi mitra sukses dalam pembangunan, bisa supplyer, tokoh masyarakat, instansi pemerintah dan lain lain lain.
  8. Struktur Biaya, adalah langkah ke delapan dalam blok ke delapan, yang akan menentukan dana diperoleh darimana dan anggaran apa saja yang dibutuhkan dalam membiayai atau mendanai program pemerintah tersebut.
  9. Sumber Pendapatan, merupakan sebuah analisa dari program tersebut akan menghasilkan potensi atau sumber pendapatan darimana dan bagaimana memperoleh sumber pendapatan baik untuk pemerintah maupun untuk masyrakat.
  10. Analisa PESTEL, merupakan sebuah analisa dampak dan resiko politik, ekoomi, sosial, teknologi, ekologi, dan legal ( hukum ) atas program yang direncanakan, sehingga tidak terhalang atau terimbas dari dampak atau resiko pestel tersebut.
  11. Merupakan sebuah analisa dan perencaaan bagaimana program tersebut berdampak terhadap indeks pembangunan sebagai ukuran tercapainya pembangunan, apabila di desa menggunakan ukuran IDM ( Indeks Desa Membangun ).




11 langkah tersebut merupakan bagian dari sebuah perencanaan ataupun evaluasi sebuah program pemerintah sehingga bisa dijelaskan kepada semua pihak, mengapa sebuah program dibuat, program seperti apa beserta manfaatnya, bagaimana bisa dinikmati masyarakat, dan bagaimana membangun hubungan masyarakat, apa yang dilakukan, sumberdaya apa yang dibutuhkan, mitra siapa saja yang perlu dijalin, bagaimana didanai serta sumberpendapatan apa yang di dapat, juga tidak beresiko dan berdampak positif terhadap politik, ekonomi, sosial, ekologi, dan aspek hukum serta yang terakhir bagaimana berkontribusi terhadap indeks pembangunan.

Sedangkan 2 blok utama adalah Potensi Pemerintah ( Daerah / Desa ) yang terdiri dari data dan informasi potensi sumberdaya manusia, keuangan, sdm dan produksi guna menjawab kebutuhan, masalah, harapan serta perintah undang undang dalam melayani atau bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai cita cita bersama dalam keberagaman. ( supriadi asia ).




 

Untuk memahami bagaimana bentuk atau gambar dari Goverment Model Canvas bisa di download file pdf di bawah ini:

Goverment Model Canvas.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *