Memahami Istilah Di Seputar Corona Seperti Lockdown dan Social Distancing.

Virus Corona merupakan isu dan problem serius yang perlu diselesaikan oleh pemerintah pusat, daerah dan masyarakat itu sendiri. Oleh sebab itu kita perlu mengenal istilah istilah seputar virus corona, diantaranya adalah lockdown, social distancing, pandemi dan epidemi. Memahami istilah tersebut penting untuk keseragaman pemahaman baik pemerintah maupun masyarakat terkait dengan virus corona.

Berikut akan kita sampaikan pengertian pengertian istilah yang terkait dengan virus corona sebagai berikut:

Yang pertama adalah lockdown, lock down dalam bahasa Inggris artinya mengunci, dimana jika dikaitkan dengan kebijakan pemerintahan adalah mengunci akses yang terkait dengan virus corona, sehingga virus tidak menyebar lebih luas. Fasilitas fasilitas publik seperti sekolah, terminal, stasiun, bandara dan semua fasilitas publik ditutup guna menangkal penyebaran virus corona. Bukan hanya itu saja, aktivitas warga pun dibatasi seperti jam malam dan lain lain. Agar virus benar benar tidak menyebar lebih luas karena kontak manusia.




 

Yang kedua adalah social distancing. Social distancing dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai isolasi danĀ  karantina, yaitu mengisolasi orang yang terjangkit virus corona dan mengkarantina orang yang sehat. Sehingga orang yang sehat dan orang yang terjangkit virus corona dibatasi untuk kontak untuk menjada terjadinya penularan virus serta mengendalikan wabah penyakit.

Yang ketiga adalah Work Form Home ( WFM ), yang artinya adalah bekerja dari rumah. dengan WFM kita bisa bekerja dari rumah untuk menyelesaikan pekerjaan pekerjaan secara online, seperti meeting, input data, registrasi dan lain lain. Yang bisa dikerjakan dirumah, maka bisa dilakukan melalui media online.

Yang ke empat adalah epidemi yaitu suatu penyebatan penyakit yang cepat dengan jumlah terjangkit banyak atau tidak normal. Penyakit ini menular ke suatu wilayah dan epidemi masih kecil. Dibanding dengan pandemi.

Yang kelima adalah pandemi, yang artinya penyebarluasan wabah yang meluas tidak hanya satu wilayah, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia. Maka hal ini disebut dengan pandemi.

Di atas adalah istilah istilah seputar virus corona yang perlu dipahami oleh masyarakat maupun pemerintah. Terutama dalam mengambil keputusan publik. ( Supriadi Asia / Gov. Biizaa ).




 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *