Mengenal dan Memahami Musrenbangdes

Apa yang dimaksud dengan Musrenbang atau Musrenbangdes?

Musrenbang adalah Musyarawarah Perencanaan Pembangunan. Sedang Musrenbangdes adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa. Merupakan forum musyawarah tahunan para stakeholder ( pemangku kepentingan ) dalam desa untuk menyepakati perencanaan kegiatan untuk tahun anggaran tahun berikutnya di dalam desa. Misalnya untuk perencanaan pembangunan tahun 2021 akan dilakukan musrenbangdes pada di tahun 2020. Musrenbangdes dilakukan untuk menyusun rencana kerja tahunan pemerintahan desa yang mengacu atau memperhatikan RPJMDes ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ) yang sudah disusun oleh pemerintah desa sejak Kepala Desa terpilih. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa merupakan suatu media untuk membangun keepahatan dan kepentingan dan kemajuan dengan dengan memahami potensi dan sumber pembangunan desa yang tersedia. Dengan musrenbangdes maka partisipasi pemangku kepentingan di desa dapat tercapai dan akan membawa kemajuan desa.

Apa tujuan Musrenbangdes?

  1. Menyepkati prioritas kebutuhan dan kegiatan pembangunan desa yang akan menjadi bahan penyusuan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKP ) baik yang akan dibiayai dengan swadaya masyarakat, dibiayai oleh Anggaran Belanja Pendapatan Desa maupun dibiayai antar desa.
  2. Menyepakati Tim Delegasi Desa yang akan menyampaikan persoalan desa yang ada di desanya pada forum musrenbang kecamatan untuk menyusun program pemerintah daerah tahun berikutnya.


Apa yang dihasilkan dari Musrenbangdes?
  1. Dokumen rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKP Desa ) & Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( DU RKP Desa )
  2. Daftar nama Tim Delegasi Desa yang mengikuti Musrenbangcam.
  3. Berita acara Musrenbang Desa.
Bagaimana Proses Umum Musrenbangdes?

Tahapan Pra Musrenbangdes.

  1. Pembentukan Tim Penyelenggara Musrenbang (TPM) oleh Kepala Desa
  2. Pembentukan tim pemandu oleh Tim Penyelenggara Musrenbang / TPM (3 orang).
  3. Persiapan teknis pelaksanaan musrenbang desa oleh TPM:
    1. Penyusunan jadwal dan agenda musrenbang desa
    2. Pengumuman kegiatan musrenbangdes & penyebaran undangan kepada peserta dan narasumber (minimal 7 hari sebelum Hari-H)
    3. Mengkoordinir persiapan logistik (tempat, konsumsi, alat & bahan).  Persiapan oleh tim pemandu:
    4. Penyediaan slide presentase atau penulisan pada kertas flip chart form rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Form Data Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU RKPDesa), untuk memudahkan peserta musrenbang desa mencermati rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKP Desa ).
    5. Meng copy form rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKP Desa ) dan Form Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( DU RKP Desa ) yang akan dibagikan ke peserta musrenbang desa
    6. Persiapan bahan masukan (materi) musrenbang lainnya yang dianggap.


 Bagaimana Tahapan Pelaksanaan Musrenbang Desa?
  1. Prosesi pembukaan Musrenbang Desa
  2. Pemaparan Kepala Desa mengenai:
    1. Hasil evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Desa yang sudah berjalan.
    2. Kerangka prioritas rancangan Rencana Kerja Pemrintah Desa;
  3. Pemaparan Tim Pemandu Musrenbang Desa (TPM) terkait Form rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan form Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( DU RKP Desa ).
  4. Tanggapan dari kecamatan mengenai paparan desa dan pemapan TPM yang dihubungkan dengan kebijakan dan prioritas program daerah di wilayah kecamatan
  5. Tanggapan dan masukan peserta musrenbang desa tentang pemaparan Kepala Desa, TPM dan perwakilan pemerintah kecamatan;
  6. Perumusan pokok – pokok penting hasil pemaparan dan tanggapan / diskusi oleh peserta musrenbang desa.
  7. Musyawarah penentuan tim delegasi desa yang mengikuti musrenbang kecamatan
  8. Pembacaaan risalah kesepakatan Musrenbang Desa dan penandatangan Berita Acara Musrenbang Desa
Tahapan Pasca Musrenbang Desa Rapat kerja tim perumus hasil musrenbang desa yang terdiri dari : pemerintah desa, TPM dan tim delegasi desa terkait finalisasi rancangan RKP Desa


Siapa Peserta Musrenbangdes?

Pelaksanaan musrenbang desa sebaiknya diumumkan secara terbuka minimal 7 hari sebelum Hari-H sehingga warga masyarakat siapa pun dapat saja menghadirinya sebab forum ini adalah milik warga masyarakat desa. Komposisi peserta Musrenbang desa akan lebih ideal apabila diikuti oleh berbagai komponen masyarakat (individu atau kelompok) yang terdiri atas:
  • Keterwakilan wilayah (dusun//RW/RT);
  • Keterwakilan berbagai sektor ( ekonomi/ pertanian/ kesehatan/ pendidikan/ lingkungan/ dsb.);
  • Keterwakilan kelompok usia (generasi muda; generasi tua);
  • Keterwakilan kelompok sosial dan jenis kelamin (tokoh masyarakat, tokoh adat; tokoh agama; bapak-bapak; ibu-ibu; kelompok marjinal);
  • Keterwakilan 3 unsur tata pemerintahan (pemerintah desa, kalangan swasta/bisnis, masyarakat umum);
  • Serta keterwakilan berbagai organisasi yang menjadi pemangku kepentingan dalam upaya pembangunan desa.
Spread the love

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: